Wednesday, December 19, 2012

SUDAHKAHKAH KITA BERSYUKUR...

السلام علبكم و رحمة الله و بركاته
Mari kita perhatikan dan renungkan ayat-ayat berikut ini:إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَشْكُرُونَ
..Sesungguhnya Allah mempunyai kurnia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur (QS Al Baqoroh:243)

وَلَقَدْ مَكَّنَّاكُمْ فِي الأرْضِ وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيهَا مَعَايِشَ قَلِيلا مَا تَشْكُرُونَ
Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.(QS Al A'raaf:10)

Dari ayat itu dijelaskan, memang kebanyakan manusia itu tidak bersyukur, padahal Allah sudah memberikan karniaan, kenikmatan dan kelebihan yang sangat banyak kepada manusia.
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌDan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.s. an-Nahl: 18)

Waktu menziarah sahabat dihospital , kita bisa menyaksikan orang-orang yang sedang kehilangan nikmat sehatnya, terbaring diatas katil pesakit ,terpaksa memakan ubat, belum lagi dengan bayaran rawatan hospital yang tinggi, tentunya mulut dan hati kitapun akan terucap kalimat Alhamdulillah..Ya Alloh, engkau beri aku nikmat sehat !
لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.(QS. Ibrahim:7)

Rasulullah  telah memberi contoh tentang bersyukur, seperti dalam Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Jika Rasulullah saw. melaksanakan salat, beliau berdiri (lama sekali) sampai kedua kaki (telapak) beliau pecah-pecah. Aisyah ra. bertanya:Wahai Rasulullah, kenapa engkau berbuat seperti ini padahal dosamu yang terdahulu dan yang akan datang telah diampuni? Lalu beliau menjawab: Wahai Aisyah, apakah aku tidak ingin menjadi seorang hamba yang bersyukur (HR Muslim)

Ada satu lagi cara yang diajar  Rasulullah agar kita sentiasa bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan yaitu : Selalu melihat orang yang dibawah kita dan jangan melihat yang diatas kita, kerana dengan meihat mereka yang taraf hidupnya dibawah kita, secara spontan kita akan teringat dengan apa yang sudah kita miliki, sedangkan bila melihat yang taraf hidupnya diatas kita, maka kita akan selalu membayangkan apa yang belum kita miliki , kemudian kita akan hidup terus dalam angan-angan dan lamunan yang tidak jelas batas akhirnya. 

Akhirnya dengan bersyukur hidup akan jadilebih tenang, tidur lebih nyenyak,  selalu mengukur kemampuan dengan kemahuan, terkadang kita membeli sesuatu barang tidak mengukur apakah itu suatu keperluan atau kemahuan kita saja. Akhirnya banyak orang sakit jantung, darah tinggi, urat saraf dan lain-lain karena stress memikirkan hutang yang banyak yang belum berbayar, membeli barang yang sebenarnya belum diperlukannya, atau diluar kesanggupan untuk membeli, tapi memaksakan demi nafsu dan ego tinggi, akhirnya tidurpun tidak pernah nyenyak lagi, dan semua barang atau harta tadi tidak dapat lagi memberi kenikmatan,malah memberikan kesengsaraan.

Maka marilah kita biasakan untuk selalu mensyukuri nikmat-nikmat Alloh SWT yang telah diberikan kepada kita semua.
وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًDan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.
Kita masih dibulan Rajab 28haribulan doa yang patut kita baca dibulan Rajab ini sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah:اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا  رَمَضَانَ
“Ya Allah berkatilah kami dibulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada Bulan Ramadhan”

والله أعلم بالصواب والله تعالى أعلىو أعلم

و إلى اللقاء إن شاء الله تعالى

والسلام علبكم و رحمة الله و بركاته

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ
(٢ :سورة المائدة)
Dan hendaklah kamu bertolong-tolongan untuk membuat kebajikan dan bertaqwa, dan janganlah kamu bertolong-tolongan pada melakukan dosa (maksiat) dan permusuhan.(Al-Maidah:2)

كلمتان خفيفتان علي اللسان ثقيلتان في الميزان حبيبتان إلي الرحمن سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم
2 kalimah yang ringan di lidah,berat di atas neraca timbangan
dan disukai oleh Allah Tuhan Yang Maha Pengasih ialah:سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم
SUBHANALLAH WABIHAMDIHI,SUBHANALLAHIL AZEEM
Maha suci Allah dan Segala  Puji Baginya , Mahasuci Allah Yang Maha Agung
(Hadith Riwayat Bukhari & Muslim)

No comments:

Post a Comment