Thursday, January 12, 2012

Agama Selain Islam Ditolak....

السلام علبكم و رحمة الله و بركاته

Saudara/saudari yang dirahmati Allah sekelian ,setiap orang Islam wajib meyakini bahawa hanya diin(Agama/ cara hidup) Islamlah satu agama yang benar  yang akan membawa keselamatan baginya di dunia dan akhirat. Maknaya selain Islam adalah salah dan batil . Ini adalah keyakinan menjadi dasar bagi seluruh umat Islam dan tak boleh sedikit pun ragu terhadap perkara pokok akidah ini. Berbeza dengan keyakinan dari ajaran lain, baik agama Hindu, Budha atau Kristien ataupun ideologi seperti Kapitalisme, aqidah Islamiyah memenuhi syarat untuk diterima sebagai aqidah yang benar. Syarat-syarat tersebut adalah amat besesuian dengan akal, sesuai dengan fitrah manusia dan memberikan ketenangan  jiwa. Sebagian agama kerohanian(agama lain) mungkin memang memberikan ketenangan bagi jiwa, namun ia tidak sesuai fitrah manusia, contohnya ajaran membujang yang ada pada agama Budha/paderi Kristien. Ianya tidak selari dengan akal maknusia yang sihat dan waras, seperti konsep Trinity(3 tuhan dalam satu)  dalam ajaran Kristian juga Ideologi lain contohnya kapitalisme faktanya tak sesuai dengan fitrah manusia dan tak menenangkan jiwa bahkan tak mampu memuaskan akal. Hanya Islam yang mampu memenuhi ketiga aspek diatas. 

Jadi, bila kita nyatakan dengan yakin bahwa hanya diin/agama Islam yang membawa keselamatan, maka perkara tersebut adalah sesuatu yang sangat logik dan boleh diterima oleh siapapun yang mahu menggunakan akalnya. Afalaa ta’qiluun?tidaka kamu mempunyai akal/berfikir?

Kita lihat ayat-ayat Al-Qur’an dibawah ini:
ومن يبتغ غير الإسلم دينا فلن يقبل منه وهو في الأخرة من الخسرين
Artinya: “Barangsiapa mencari diin selain Islam, maka tidak akan pernah diterima darinya diin tersebut, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Ali ‘Imraan [3]: 85)
Keterangan: ayat ini dengan sangat jelas menyatakan bahwa diin/agama selain Islam akan membawa pemeluknya pada kerugian di akhirat, yaitu api neraka.
ومن أعرض عن ذكرى فإن له معيشة ضنكا ونحشره يوم القيمة أعمى
Artinya: “Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit (di dunia) dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (QS. Thaahaa [20]: 124)
Ayat-ayat diatas memberikan ancaman bagi siapapun yang berpaling dari peringatan Allah (dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah, dalam arti lain: Islam). Penghidupan yang sempit di dunia, maksudnya kesusahan hidup baik dari segi harta, pikiran ataupun perasaan. Dihimpunkan dalam keadaan buta di hari kiamat merupakan gambaran yang jelas yang menunjukkan kerigian/kecelakaan di akhirat.
اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلم دينا
Artinya: “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu diin/agama kamu, telah Kucukupkan nikmat-Ku atas kamu, dan telah Kuridhai Islam sebagai diin kalian.” (QS. Al-Maa’idah [5]: 3)
Keterangan: Ayat ini menunjukkan bahwa Islam adalah diin yang sempurna untuk umat manusia dan Allah tidak meridhai diin selain Islam. Diin yang dimaksud maknanya luas, tidak cuma agama seperti Kristien, Hindu, Budha namun juga semua isme selain Islam, seperti kapitalisme dan sosialisme.
Ayat-ayat diatas sudah sangat jelas menunjukkan bagaimana semestinya sikap seorang muslim. Kita mesti yakin seyakin-yakinnya bahwa selain Islam adalah ditolak. Tidak ada kompromi dalam hal ini.Allah menjelaskan dengan tegas didalam Al Quran:

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ
Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam-Ali Imran-19

أَفَغَيْرَ دِينِ اللّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ طَوْعاً وَكَرْهاً وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ
 Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.Ali-Imran 83

Saudaraku yang dirahmati Allah sekelian walau bagaimanapun kita bersyukur kerana kita telah menjadi insan-insan yang beriman dan Islam semoga kita semua akan terus mentaati segala perintah Allah dan berusaha bersungguh-sungguh memperbaiki amalan  kita sehingga sampai waktu yang di tetapkan untuk kita berjumpa dengan Pencipta kita Rabbul Jaleel dengan hati yang sejahtera seperti firmanya:

يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ ارْجِعِي إِلَى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً فَادْخُلِي فِي عِبَادِي وَادْخُلِي جَنَّتِي
Hai jiwa yang tenang.Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha lagi diridhai-Nya,Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku,masuklah ke dalam syurga-Ku.Al-Fajr 27-30

والله أعلم بالصواب والله تعالى أعلىو أعلم 

و إلى اللقاء إن شاء الله تعالى

والسلام علبكم و رحمة الله و بركاته
 

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ
 
(٢ :سورة المائدة)
Dan hendaklah kamu bertolong-tolongan untuk membuat kebajikan dan bertaqwa, dan janganlah kamu bertolong-tolongan pada melakukan dosa (maksiat) dan permusuhan.(Al-Maidah:2)

كلمتان خفيفتان علي اللسان ثقيلتان في الميزان حبيبتان إلي الرحمن سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم
 
2 kalimah yang ringan di lidah,berat di atas neraca timbangan
dan disukai oleh Allah Tuhan Yang Maha Pengasih ialah:سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم
SUBHANALLAH WABIHAMDIHI,SUBHANALLAHIL AZEEM
Maha suci Allah dan Segala  Puji Baginya , Mahasuci Allah Yang Maha Agung
(Hadith Riwayat Bukhari & Muslim)

No comments:

Post a Comment